Benarkah Indonesia Sudah Merdeka?

Sunday, August 30, 2009

Benarkah Indonesia Sudah Merdeka?

Indonesia Merdeka pada tahun 1945 dengan umur sudah 64 tahun Indonesia Merdeka sejak Proklamasi dikumandangkan oleh Soekarno Hatta. Arti kemerdekaan sangat luas dan membuat kehidupan yang ideal, demokrasi, dan adanya kesejahteraan rakyat.
Tapi generasi demi generasi perubahan di Indonesia bisa dibilang sangat riskan dan menonjol sekali, umpanya di sektor Hukum, Pendidikan, Infrastruktur, dan lain sebagainya. Dengan tinggi perokonomian Indonesia membuat seperti dulu ke irama kehidupan penjajahan yang harus membayar pajak dengan tinggi. Harga pangan naik, kebutuhan fital melambung tinggi, tapi nilai rupaih jatuh, banyaknya pengangguran dimana-mana, keterpurukan mental bangsa bisa dibilang hampir semua sektor lini kehidupan terjadi perubahan yang signifikan tapi mengarah ke arah negatif.
Dengan adanya kronoligis diatas inikah namanya yang Merdeka, belum bisa keluar dari belenggu penjajahan yang sifatnya tidak langsung tapi dengan perbuatan halus dilapangan. Padahal moment dari Merdeka adalah adanya satu sistem hubungan timbal balik dengan pemerintah, tapi apa hendak dikata semua itu sudah menjadi bubur dan kenangan saja, makanya banyak tidak ambisi lagi melihat keadaan Indonesia saat ini. Melihat perjuangan para pejuang kita dahulu rela mati demi bangsa, mereka tinggalkan harta benda, sanak saudara harus berperang, bergerilya, penuh kesedihan, penuh dengan lautan api dan darah, demi berkibarnya Bendera Merah Putih di Tanah Pertiwi kita.
Moment kemerdekaan itu sudah hilang terkikis dengan perubahan jaman yang semakin canggih, lupa semua detik-detik proklamasi yang seharusnya menjunjung tinggi nilai sejarah yang ada. Tahun entah apa yang menjadi tema dari Bapak Presiden kita untuk rakyat Indonesia, SBY sendiri bingung melihat banyak tangisan dimana-mana, adanya bencana alam, Tsunami, dan masih banyak lagi hal lain yang memilukan seluruh bangsa. Semogalah di tahun ini sejak sudah merdeka membawa nuansa baru di tanah air kita, lebih mengenal lagi, adanya memiliki, cinta akan kedamian, menjalin persatuan dan kesatuan, lebih profesional para petinggi kita.
Saya rasa dengan menjalankan sebagaian apa yang sudah terjadi saat ini menuju adanya perubahan yang radikal inilah yang disebut negara merdeka. 17 Agustus 2006 yang akan datang mengulang dan mengenang kembali perjuangan putra-putri bangsa, kita hening sejenak untuk mereka, kita lawat mereka dengan doa, kita kenang mereka dengan bukti sejarah yang ada, tapi tidak heran sekarang ini bukti sejarah (bagunan) sudah di jadikan ladang bisnis, kejam sekali semua itu.
Merdeka salah satu kata yang luar biasa artinya adanya kebebasan yang berbangsa dan bernegara, dalam konteks ini bebas dalam artian tetap dilindungi oleh hukum yang ada, tidak terjadi lagi adanya pengobok-obokan politik, orang jujur jarang kita jumpai, kurangnya mendengar kontribusi dari rakyat. Semua menjadi satu rantai kehidupan disebuah negara yang majemuk, soalnya masyarakat Indonesia terkungkung dengan tidak adanya koordinasi yang kurang profesional diberbagai kalangan dan sektor pemerintah ataupun swasta.
Kurangnya animo masyarakat akan kemerdekaan berakibatkan membawa irama yang kurang baik, tugas dari orang yang merdeka sebagai pilar bangsa harus menjadi teladan, arif dan bijaksana, soalnya mengenang 17 Agustus ini bukanlah acara seremonial biasa tapi salah satu hari yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia.
Dengan hari kemerdekaan ini bangsa Indonesia tidak melihat lagi titik-titik kehancuran dengan kembalinya ke irama penjajahan yang nyata-nyatanya dilihat para mata rakyat yang jeli akan berbangsa dan bernegara.
Mari bergandengan tangan untuk menjungjung tinggi nilai bangsa kita, jangan dijadikan ajang keberhasilan pribadi, seandainya Indonesia ini manusia dan orang tua kita pasti dia menangis dan berkata mau dibawa kemana bangsa ini..?
Sedikit banyaknya saya utarakan kepada pembaca yang baik, agar saling memerdekakan bangsa ini dengan cara apapun, peganglah merah putih jadikan selimut disaat anda kedinginan. Maju terus Indonesia sejajarkan dirimu dengan negara lain yang benar-benar merdeka, pantang surut, kembangkan merah putihmu kebelahan dunia.

http://www.pintunet.com/member.php?name=Arpin

0 komentar: